Sunday 9 March 2014

"Tiba-Tiba Cinta" Mendadak Tamat, Ini Sebabnya?



SINETRON remaja produksi ScreenPlay yang tayang di SCTV setiap harinya di slot pukul 19.45 WIB mendadak tamat semalam (07/03). Padahal penggantinya sendiri baru akan tayang pada 17 Maret 2014 mendatang. Hal ini tentu saja sudah dalam pertimbangan matang SCTV sendiri.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sinetron yang menempatkan Anissa Rahma sebagai bintang utamanya ini harus berakhir penayangannya di hari Jum'at semalam. Pertama, karena pekan depan, SCTV akan menayangkan pertandingan bola sebanyak 3 laga, oleh karenanya, Tiba-Tiba Cinta (TTC) sendiri harus tamat segera. Saat tidak ada pertandingan pekan depan, dua sinetron SCTV bertajuk ABG Jadi Manten dan Diam-Diam Suka durasinya akan diperpanjang menjadi dua jam. Namun ini hanya sementara sebelum sinetron perdana Nabila Syakieb di ScreenPlay tayang nanti.

Kedua, tentu saja adalah faktor rating yang kurang prima untuk ukuran sebuah program primetime. Walaupun TTC masih sering wara-wiri di 10 besar, namun share didapat hanya berkisar dari 10 koma hingga 13 koma. Padahal TTC mendapatkan slot di jam super primetime. Sedangkan sinetron Diam-Diam Suka dan Emak Ijah Pengen ke Mekah sering mendapatkan share di atas 15 persen. Oleh karenanya masih dipertahankan oleh SCTV untuk terus tayang.

Berikut ini adalah grafik rating sinetron TTC dalam sepekan:

Sabtu (01/03/14)
(6) Tiba-Tiba Cinta 2,8/11,6
SCTV


Minggu (02/03/14)
 
(7) Tiba-Tiba Cinta 3,1/13,6
SCTV
 

Senin (03/03/14)
(8) Tiba-Tiba Cinta 2,7/10,1
SCTV
 

Selasa (04/03/14)
(5) Tiba-Tiba Cinta 3,1/12,6
SCTV
 

Rabu (05/03/14)
(6) Tiba-Tiba Cinta 3,2/12,8
SCTV


Kamis (06/03/14)
(6) Tiba-Tiba Cinta 3,0/12,3
SCTV


Jum’at (07/03/14)
(8) Tiba-Tiba Cinta 2,8/11,2
SCTV

Episode terakhir TTC memang serba cepat sejak dari 2 episode terakhirnya. Bintang (Anissa Rahma) meminta Alex (Rizky Nasar) untuk melepaskannya. Namun Alex tidak mampu untuk melakukan hal itu. Alex pun meminta restu ibunya. Namun ternyata ibunya belum mau merestui hubungan Alex dengan Bintang.

Tante Nirmala (Ira Wibowo) datang ke panti saat Bintang dan Ibu peri (sebutan untuk ibu pantinya, bukan peri sungguhan) sedang berbicara santai. Dari sini kemudian terungkap jika Bintang benar adalah anak kandungnya yang hilang saat Nirmala menunjukkan tanda tangan ibunya yang sama persis dengan tanda tangan berkas-berkas Bintang di panti asuhan.

Tak lama kemudian, Bintang pun meminta Alex untuk mengajaknya pergi. Nirmala yang melihat penolakan Bintang hanya bisa menangis. Alex pun meminta Bintang untuk bisa menerima kehadiran Ibu kandung Bintang, karena selama ini Nirmala telah berusaha menemukan keberadaan Bintang. Pada akhirnya, Alex meminta Bintang untuk mengikuti kata hatinya. Bintang pun akhirnya bisa menerima kehadiran Nirmala sebagai ibu kandungnya.

Konflik Alex dan Bintang terus berlanjut, setelah Bintang memutuskan untuk pindah sekolah. Alex berusaha mencegah Bintang, namun Bintang mengatakan akan kembali lagi nanti. Dan saat hal itu terjadi, cinta mereka pasti akan lebih kuat dari sekarang.

Sedangkan Virgie (Dinda Kirana) dan Rangga (Rangga Azof) juga hanya berteman saja. Saat Marcel (Marcell Darwin) mengatakan cintanya pada Bintang, Bintang juga menolaknya. Begitu juga dengan Marcel yang menolak cintanya Cella (Adzana Bing Slamet). Pada akhirnya semua hanya bersahabat saja.

Well, endingnya ini terkesan open ending ke season selanjutnya dengan penyelesaian persahabatan semua pemainnya. Tidak ada yang jadian di episode terakhirnya, semuanya dibiarkan mengalir. Kemungkinan besar, sinetron ini akan berlanjut ke season keduanya.

37 comments:

  1. amiinnn.. semoga ada season ke2 nya. Sejak TTC ga ada, bingung mo nonton apa :(

    ReplyDelete
  2. Sebuah resiko ketika penempatan waktu tayang berada di jam primetime untuk saat ini, ada yks dan tukang haji naik bubur yang sulit sekali untuk digusur, khusus yks bahkan korbannya sendiri tayangan 1 group dari trans corp Opera van Java yang harus mengundurkan jam tayangnya lebih sore. Andai TTC bisa diundur lebih sore dijamin rating akan lebih baik dr acara sinetron lainnya. Sinetron TTC bukanlah sinetron biasa, alur ceritanya lebih kuat, lebih banyak konflik yang kebanyakan terjadi di kebanyakan masyarakat kita. Bukan sinetron alay yang membosankan dan malah tetap jalan tayang terus hehehehehe
    Sukses buat Anisa Rahma, Team TTC, Semoga akan ada segera kelanjutan dari TTC, Amin ya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke betul banget tu. aq setuju. :D

      Delete
    2. Setujuuu bangeeeeetttt sama lkata2nya mas hardianto, harusnya dituker aja jam tayangnya sama abgjm jgn tamat mendadak gini... Tapiii dgn ending yg bgni itu membuka peluang buat ada session2 nya. TTC itu sinetron yg beda dari yg lain. Ga ada yg nyamain

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. amin..
      semoga tyang deh season 2nya.
      d tunggu..

      Delete
  3. amin. semoga tyang season 2nya ({})

    ReplyDelete
  4. amin...
    pasti aku akan menunggu sampai akan hadir ttc season keduanya.

    ReplyDelete
  5. Ditunggu season 2 nya semoga setelah sinetron penggantinya tamat. Padahal TTC itu lebih ok seru g lebay kayak DDS. Dan alurya kuat seru lagi. Dan yg cella itu bulan jg belum pd tahu kan temen2nya harus ada season 2

    ReplyDelete
  6. Aminnn. Ditunggu ttc session 2nya. Kami yg sbnrnya tdk mnyukai sinetron sj mnjdi suka dg TTC. TTC itu satu-satunya sinetron yg alur ceritanya menarik, ga lebay n alay spt sinetron2 lain. Para pemain2 ttcpun bagus kualitasnya shingga mulai abg, remaja, smpe org tua mnyukai sinetron ini.

    ReplyDelete
  7. gw pribadi gk terlalu suka sinetron krn kebanyakan sinetron jaman sekarang terlalu ALAY + scenarionya terkesan terlalu dibuat2 (gk masuk akal), tp dgn adanya TTC yang jln ceritanya bagus + gk muluk2 + gk ribet jd enak aja bwt ngikutin jalan ceritanya.
    i'm wait to the next season TTC, pertahanin jalan ceritanya yg keren :D
    well,, skrg gk ada sinetron yg gw tonton lg deh

    ReplyDelete
  8. Aaaaaakk setuju bangeeettt, ditunggu secepatnya yaa diseason selanjutnya :)

    ReplyDelete
  9. Iy tu..sinetron yg bagus mlh tamat..sdgkan sinetron lebay malah tayang trs...
    ayo sctv ..ttc season 2 nya donk...plisssssssss
    bingung nie mau nonton ap...byk acara mbosenin...

    ReplyDelete
  10. Keren benget alur ceritanya g ada sinetron yg semenarik TTC. Padahal klo Dah balik kerja bru2 balik n nonton TTC itu 1 satuny sinetron yg g pernah a lewatin. dr k3 sinetron hanya TTC yg paling OK DDm itu terlalu lebay n ngebosenin. TTC itu satu-satunya sinetron yg alur ceritanya menarik, ga lebay n alay n Keren BANGET. Para pemain2 TTC pun bagus kualitasnya jd banyak yg suka mulai abg, remaja, smpe org tua.sekarang Makin borring balik kerja cz TTC g tayang. . .

    ReplyDelete
  11. Saat episode terakhir retingny turun mungkin cz faktor iklim cz bbrpa daerah. Djatim petir kenceng banget n hujan e jg lumayan lebat. Berharep TTC 2 bener2 ada. Salam kangen bwt para pemain TTC.

    ReplyDelete
  12. alasan TTC ratingnya kurang bgus krna pnontonnyax yg trll fanatik sama peran UTAMA n PEMBANTU,,,jd mreka plh2 scene,,..yaitu Antara scene ALBI n ALVI...n jujur gwe emg gk suka dgn scene ALVI,,.
    n klo bleh jujur,,ini adlh sinetron ABG prtama yg aq suka,,n g nyangka temen2 jg suka,,,pdhl bysx aq ANTI dgn sinet ABG yg kbnykn lebay,.alay,,tp klo TTC itu simple, crtnya gk lebay,ekspresi pemain jg ntural,n mmg mnceritkn khidupn ABG yg pd umumnya,,..smpe ibu n ka2ku yg ud punya ank pun suka,,krn adanya maronah n kliwon,,n brantemnya ALEX MARCELL yg lucu

    ReplyDelete
  13. Iya nech tiba tamat...hilang dech minat liat film sinetron,bikin qt ganti chanel dech bwt gantinya TTC...smoga biz ne ad TTC2,dimana nnt bintang yg plg dr luar negeri,penampilan lebih feminim,g pake poni,tp tetep smart+suka senyum...tambah kesemsem itu alex...wawwww
    Cepet tayang ya...plis..plis

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Aamiin. Mungkin ada benarnya juga bahwa salah satu penyebab rating kurang karena terlalu fanatik dengan peran utama, karena jujur saya sangat fanatik sama pasangan couple cie cie Alex Bintang dan hampir setiap scene Virgie selalu ganti channel karena ga tega sama Bintang (maaf.. :( ). Tapi jujur, sedih banget harus dipaksa tamat seperti ini.., padahal ceritanya natural, pesan moralnya juga dapat dan bagus (tentang kehidupan, semangat, pertemanan n persahabatan, dan cara pandang terhadap realita sehari2, dll), dan sebagai orang yang tidak suka sinetron, saya jadi ketagihan nonton sinetron ini, bahkan saking ga puasnya, video2 versi youtube yg ada scene Alex Bintang saya download hampir semuanya.. Sejak awal belum mulai sinetronnya, pas liat pemainnya itu Rizky Nazar dan Anisa langsung klik rasanya hati (karena selama ini saya belum pernah sreg dengan lawan main Rizky Nazar, kecuali Anisa Rahma), cocok banget dan chemistry mereka berdua dapet banget.. Semoga ada Tiba Tiba Cinta Season 2. Dan berharap akan banyak lagi judul2 film atau cookies yang memasangkan Rizki Nazar dan Anisa Rahma dengan pesan moral yang tetap terjaga bagus juga, aamiin :)

    ReplyDelete
  16. Padahal klo nonton nungguin iklannya seabrek eehh ternyat rating nya msh kurang ya :( klo liat semua sosmed yg antusias nya bnyk bgt trus bnyk ngarep ada TTC 2 .. Bener2 bosen skrg gda TTC n mls bgt klo liat DDS klo maen nya pake teriak2 wedges ke sekolah make up n dandan ala2 gaje itu bnr2 gk bgt!! sdgkn TTC pakaiannya emg bnr2 ank sekolahan jd alur nya bnr2 ky kehidupan nyata.. sooooo plis adain TTC 2 thanks

    ReplyDelete
  17. Menurutku lebih baik seperti ini,,,
    karena walaupun sinetron TTC mempunyai episode sedikit,, tapi alur cerita sinetron itu tetap terjaga,,
    dari episode awal sampai akhir,, jdi lbih berkesan dhati penggemarnya,,
    ga kayak sinetron lainnya yg memiliki episode panjang tapi ceritanya ngawur kemana-mana,, gak sesuai judul episode awaal,,
    terima kasih TTc,,
    dan untuk anisa semoga lebih sukses terus,, dengan begini anisa biza lebih fokus kuliah dan biza mengembangkan bakat lebih luas lgi,,
    bukan hanya didunia aking or tarik suara,, mungkin biza didunia modelling or main film,, amin

    ReplyDelete
  18. TTC tuh ga kaya sinetron lain yg alay dan ga mengajar pada masyarakat TTC tuh bahasanya ga alay. Lumayan kaget karna TTC tiba-tiba tamat gitu aja.... menurut saya sih kayanya memang ada peluang untuk ada season 2 tapi kayanya hanya 30% soalnya TTC tuh sama kaya sinetron sebelum TTC tayang yaitu "Cinta Yang Sama" sinetron tersebut juga menurut saya sama karna TAMAT MENDADAK tapi semoga allah menginzinkan TTC tayang lagi untuk season ke 2 amieen...

    ReplyDelete
  19. Kami sekeluarga memang fanatik poll ama ttc?swear ampe kebawa mimpi,padahal bukan penggemar sinetron,cuma ttc yNg menarik perhatian kita ngalah2in niat kita nonton csi dr fox crime,sinet ini memang realistis dan pesan moralnya kena bgtz,semoga ada kelanjutannya di season ke 2 ato judul baru pemainnya sama jangan diganti .dibuatlah mereka anak kuliahan,whateverlah.asal tetap pada pesan moral utk para remaja kita,juga orang tua.dan tdk lepas pula cerita yang menghibur,

    ReplyDelete
  20. saya sangat kcewa krna TTC cpat x tamatnya moga secepatnya ditayangkanseason keduanya,alnya kayak ada yang hilang setelah gk ada sinetron TTC.

    ReplyDelete
  21. mama saya marah2 gara gk liat last episod nya,dy kcewa banget,dulu dy suka dengan sinetron cinta yang sama tapi tiba2 tamat sekarang setelah dy asyk dengan TTC eh mlah Cepat juga tamat nya,dy bilang sinetron DDS gk tamat2 malah yang enak cpat x tamat,smoga cepat ya tayangan season ke duanya

    ReplyDelete
  22. AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN............IYA BNR BGT TUH..DITUNGGU YA TTC SEASON KE 2 NYA,SOALNYA BYK BGT YG SUKA SAMA SINETRON INI,& BYK BGT YG MENYAYANGKAN SINETRON TTC INI TAMAT,KHUSUSNYA AQ PRIBADI SUKA SUKA BINGIIITZZZ,N HAMPIR TIAP MALEM GK PRNH KETINGGALAN NUNGGUIN SINETRON INI.PAS LIAT TAMAT,AQ LANGSUNG KAGET,BINGUNG,KECEWA,& PASTINYA SGT SEDIH.KOK GITU AZ SIH ENDINGNYA?SOALNYA BYK BGT ALUR CRITANYA YG MASIH BLOM CLEAR,MSIH GANTUNG,BIKIN PENASARAN N JG BIKIN BYK PERTANYAAN????SO,,,,,,PLEASE,PLEASE,PLEASE BGT,BUAT SCREENPLAY PRODUCTION,,,SECEPATNYA YA BIKIN TTC YG KE 2,SOALNYA BYK YG NUNGGUIN!!!!BAIK CERITANYA N PARA PEMAINYA,SMUANYA KEREN2 BINGITZZZ........N BYK YG LEBIH SUKA SINETRON INI DIBANDINGKAN YG MSIH PADA TAYANG.SOALNYA JD BINGUNG MAU NONTON APA LG??POKOKE TTC TOP MARKOTOP.....JD SECEPATNYA Y DIBIKIN LANJUTANNYA SEASON KE 2.PLEASE...DITUNGGU YA!!!!!!KHUSUSNYA BUAT KAMI PARA PENGGEMAR SETIANYA.TTC IS THE BEST!!!!!!

    ReplyDelete
  23. mudah2an ada season kedua,,,,,semenjak TTC tamat tdk ada yg ditunggu lg

    ReplyDelete
  24. bener tu,sperti ada yang hilang,dan terasa sepi bingung mw nntn apa ????
    tlong ya secepatnya ditayangi season ke duanya

    ReplyDelete
  25. setuju, TTC 2 harus ada serius belum puas bgt nontonnya, jam tayang berubah ubah trs karena bola, n permisa televisi blm tentu tau semua kalo ada sinetron bagus TTC kaya gini, apalagi jam tayangnya pendek.., soo pleasee adain lg, penilaian rating itu survey nya berdasarkan apa siih, ga semua TTC LOVER harus support trs di jejaring sosial, bukan berarti ga update sinet ini, itu ga suport yaw...

    ReplyDelete
  26. padahal cuman TTC lho sinteron yg gw suka. Ya mungkin dengan cerita yg natural harus distop gara2 selera rating yang rendah. Pdahaaaaaaalll aaah bkin galau :(

    ReplyDelete
  27. ayo dunk ada lagi .... season2 nya
    smjak gak ada ttc bingung mau nonton apa
    lbih gk suka nonton tv
    jdi bete gk smangat

    ReplyDelete
  28. Haruznya yg lain ajah yg tamat .... !

    ReplyDelete
  29. harus ada dong season2 dan PUnya ttep rizky nazar dan anissa rahma..okee

    ReplyDelete
  30. dear all, sama seperti kalian aku juga suka banget sama ttc karena ceritanya seperti drama2 korea gak ngebosenin saking suka bangey sama pasagan alex bintang ak sampai buat skenario ftv yg berjudul fisrt love, dimana pemeran utamanya rizky nazat dan anisa rahma , hehehe yg mau baca silahkan kunjungi blog ak maria inata blog spot, atau bisa di search di google kisah teladan maria inata

    ReplyDelete